-->

Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Lucu Bermakna Dan Artinya

Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Lucu Bermakna Dan Artinya

Kata Kata Bijak - Hay kamu yang lagi nyari Kata Kata Bijak dengan Bahasa Sunda Lucu Dan Artinya, kamu beraa disitus yang tepat. Disini saya sudah siapkan ratusan kata-kata bijak bahasa sunda tentang cinta, lucu, dll. Nah bagi kamu yang penasaran dengan Kata Kata Bijak lainnya, kunjungi situs ini aja yahh!!! 😊


Kata Kata Bijak Bahasa Sunda Lucu Bermakan Dan Artinya

Kata kata bijak bahasa sunda lucu dan artinya


“Sa’acan urang ngaraos cape sareng ngarasa ngeluh kana pagawean nu keur urang lakukeun, cobi pikirkeun heula ka marenehana anu ngalanggur, jalmi-jalmi anu cacat, anu ngahareupkeun ngagaduhan pagawean siga urang.”
Artinya: Sebelum kita merasa lelah dan mengeluh pada pekerjaan yang lagi kita kerjakan, cobalah pikirkan dulu mereka yang sedang nganggur, orang-orang yang cacat, yang lagi mengharapkan pekerjaan seperti kita.


“Sateu acan arurang nunjukeun panangan sareng terus nyalahkeun ka diri sorangan. Cobi inget heula! Yen hanteu aya jalmi saurang oge, nu luput tina sagala kasalahan atanapi dosa.”
Artinya: Sebelum menunjukan tangan dan terus nyalahin dirisendiri, coba ingat dulu! Gak ada orang satupun yang luput dari segala kesalahan maupun dosa.

“Sa’acan urang ngarasakeun ngeluh ka barudak (anak-anak) urang, pikirkeun heula ka jalmi anu mandul, anu hoyong pisan ngagaduhan anak.”
Artinya: Sebelum kita ngerasain ngeluh pada anak kita sendiri, coba pikirkan dulu terhadap orang yanh mandul, yang pengen banget mempunyai seorang anak.

“Dinten ieu, sa’acan urang ngarasa ngeluh ka kahirupan anu keur dijalan ayena. Pikir keun ka jalmi nu atos pupus tipayun, yen padahal umurna teh lewih ngora ti urang.”
Artinya: Hari ini, sebelum kita merasa ngeluh pada kehidupan yang sedang kita jalani sekarang, pikirkan dulu orang-orang yang sudah meninggal duluan, padahal umurnya lebih muda dari kita.

“Sateuacan urang ngeluh kana imah arurang nu kotor, ku sabab henteu aya pembantu nu nga-bersihkeunana. Cobi pikir keun heula ka jalmi-jalmi nu hirup di jalanan anu cicing dina saung.”
Artinya: Sebelum kita mengeluh pada rumah kita yang kotor, karena tidak ada pembantu yang yang bersihin, cobalah pikirkan dulu terhadap orang-orang yang hidup di jalanan yang tinggal di rumah gubuk.


Kata kata bijak bahasa sunda lucu dan artinya

“Sateuacan urang ngaras ngeluh ka pamajikan atanapi salaki, cobi pikir keun heula ka jalmi-jalmi nu terus-terusan ngareup menta jodo ka gusti Alloh.”
Artinya: Sebelum kita ngeluh terhadap istri kita atau suami, cobalah pikirkan mereka yang selalu meminta jodoh kepada gusti Allah.

“Sa’acan urang ngeluh sabab ngarasa ka diri sorangna paling buruk, cobi pikirkeun heula ka jalmi-jalmi nu aya dina tingkat paling buruk di kahirupana.”
Artinya: Sebelum kita mengeluh karena ngerasa diri sendiri adalah yang paling buruk, coba pikirkan dulu orang-orang yang berada ditingkat paling buruk dikehidupannya.

“Se’acan urang ngeluh kana ka-emaman anu bade ku urang tuang, cobi pikirkeun ka marenehana, jalmi-jalmi anu henteu pernah boga kadaharan pikeun di tuang.”
Artinya: SmSebelum kita mengeluh pada makanan yang mau kita makan, cobalah pikirkan mereka orang-orang yang tak pernah punya makannan untuk dimakan.

“Dina dinten ieu, sa’acan urang nyesel naroskeun omongan nu kirang sae, cobi dipikir keun heula ka salah sahiji jalmi nu henteu tiasa naros pisan.”
Artinya: Pada hari ini, sebelum kita menyesal nanyain kata-kata yang kurang bagus, coba pikirkan orang-orang yang tidak bisa bertanya sama sekali.

“Entong sakali-kali ngedalkeun wilujeng kantun lamun salira hoyong keneh nyobian. Entong sakali-kali nyerah lamun salira rumaos masih keneh aya rasa sanggup!”
Artinya: Jangan sekali-kali mengandalkan orang kalau kamu sendiri masih mau nyobain. Jangan sekali-kali menyerah kalau diri kamu sendiri merasa masih punya rasa sanggup!

Hirup ngan ukur heheuy jeung dedeuh, syukuri hirup nalika heheuy atanapi bunga ngarah kabungah anteng ngancik dina hate. Jeung deuih tarimakeun hirup nalika dedeuh atawa susah bari di barengan ku kasabaran ngarah pinuh ku hikmah anu bisa di jadikeun pelajaran.”
Artinya: 

“Kecap manusia ngabogaan harti “Mana nu sia” jeroning makna nu langkung jerona nyatana jalma mah ngan saukur katitipan lain miboga.”
Artinya: Ucapan manusia mempunyai arti " Mana punya kamu" dalamnya makna yang lebih dalam, kenyataannya manusia cuma sekedar titipan bukan yang punya.


Kata kata bijak bahasa sunda lucu dan artinya

“Cita-cita nyaeta hak pikeun kabeh manusia, sing keyeung kana naon nu di tuju tangtu pareng nu di tujuna.”
Artinya: Cita-cita adalah hak buat semua manusia, harus tekun dalam apa yang dituju pasti dapat apa yang dituju.


“Di ajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan.”
Artinya: Belajar sabar itu susah, kalau sabar itu gampang, tidak akan ada manusia yang diam dalam kesengsaraan.

“Ayana kasusah dina hiji urusan kupedah ayana kagampilan. Ulah di tempo kasusahna tapi tempo mah jalan kaluarna ngarah temu jeung bagjana.”
Artinya: Ada kesusahan dalam satu urusan karena adanya kemudahan. Jangan dilihat susahnya tapi lihatlah jalan keluarnya supaya ketemu dan bahagia.

“Hirup ekeur paeh bakal, sing yakin kana takdir ti pangeran jeung ulah hariwang teu di milikan da jangjina pangeranmah yakin moal sulaya beda jeung jangjina manusa.”
Artinya: Idup untuk mati, harus yakin pada takdir dari yang maha kuasa dan jangan takut tidak diberi rejeki karena janji yang maha kuasa yakin tidak meleset beda dengan janji manusia.


Kata Kata Bijak Cinta Bahasa Sunda Lucu Bermakna Dan Artinya

Kata kata bijak bahasa sunda lucu dan artinya

“Seuri bari hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.”
Artinya: Senyum sambil hati sedih adalah ciri-ciri orang yang hebat, kuat sama banyak jerawat 😁.

“Cinta nu tulus bersih liribarat kaen sutra nu anyar di keueuman tujuh poe tujuh peuting, sanajan ceuk batur bau tapi ceuk nu resepmah nu penting bersih tur enak ka tempona.”
Artinya: Cinta yang tulus bersih bagaikan kain sutra yang baru direndemin tujuh hari tujuh malam, meskipun kata orang bau tapi kata yang sukamah yang penting bersih dan enak kelihatannya.

“Terkadang Pami Cinta geus melekat dina hate, tai Ucing oge rasa coklat.”
Artinya: Terkadang kalau cinta sudah melekat dihati, tai kucing juga serasa coklat.

“Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna, kitu oge lamunmah keur alus milikna.”
Artinya: Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakalan bagus pas akhirnya, begitupun kalau lagi bagus miliknya.

“Susah jeung senang dina kahirupan pasti bakal kasorang salagi jasad jeung roh, napel ngahji ibarat gula jeung a misna.”
Artinya: Susah dan senang dalam kehidupan pasti bakalan kumat segala raga dan arwah, nempel nyatu bagaikan gula sama manisnya.

“Istilah barudak ayeuna teu lepas tina kecap jatuh cinta, numana ngandung harti tut wuri hayandani (hitut nyeri hayang deui). Geus puguh jatuh cinta teh nyeri tapi hayang deui hayang deui.”
Artinya: Pribahasa anak-anak sekarangmah tidak lepas dari kata jatuh cinta, yang mana mengandung arti tut wuri hayandani (kentut sakit pengen lagi). Sudah jelas jatuh cinta itu sakit tapi pengen lagi pengen lagi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel